PWI Sekadau Gelar Pekan Jurnalistik Pelajar - WARTA CYBER

Sabtu, 14 September 2024

PWI Sekadau Gelar Pekan Jurnalistik Pelajar

Pekan Jurnalistik Pelajar. (Foto: ist).

Sekadau Kalbar,
Wartacyber.com - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sekadau menyelenggarakan kegiatan Pekan Jurnalistik Pelajar dengan tema “Tingkatkan Literasi Digital, Generasi Muda Sekadau Tangkal Hoaks untuk Wujudkan Pilkada Damai Tahun 2024.” 

Bertempat di Aula ITKK Kabupaten Sekadau pada Sabtu (14/9/2024) ini .


Ketua Panitia, Sudarno, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini tidak hanya fokus pada pengenalan ilmu jurnalistik, tetapi juga mengajak generasi muda untuk lebih waspada terhadap informasi palsu atau hoaks, terutama menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.


 “Kami berharap, generasi muda dapat membantu menciptakan Pilkada yang damai,” ujar Sudarno. 


"Peserta kegiatan jurnalistik berjumlah 100 orang yang terdiri dari BEM ITKK Sekadau, SMK Kelingan Kumang Sekadau, SMK Amaliyah Sekadau, SMA Negeri 1 Sekadau, SMK Negeri 1 Sekadau, SMA Karya Sekadau, SMA Al-rahman Sekadau," tambahnya.


Ketua PWI Kabupaten Sekadau, Dina Mariana, menjelaskan bahwa Pekan Jurnalistik Pelajar merupakan bagian dari program “PWI Sekadau Goes to School” yang telah berjalan sejak Februari 2024. 


“Program ini tidak hanya dilaksanakan di sekolah-sekolah di wilayah kota, tetapi juga sudah menjangkau kecamatan-kecamatan seperti Nanga Taman dan Nanga Mahap,” jelas Dina. 


Ia menegaskan pentingnya literasi digital di era banjir informasi, terutama bagi generasi muda yang kerap menjadi sasaran hoaks.


“Generasi Z, yang lahir di era kemajuan teknologi, harus berani menangkal hoaks. Orang yang suka membaca tidak mudah menghakimi, mereka akan selalu mencari kebenaran informasi terlebih dahulu,” imbuh Dina. 


Ia juga mengajak para pelajar untuk bijak menggunakan media sosial dan mendukung kelancaran Pilkada 2024 di Kabupaten Sekadau.


Ketua PWI Kalimantan Barat, Kundori, turut mengapresiasi kegiatan ini dan memuji keaktifan PWI Sekadau dalam berbagai program. Ia juga berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sekadau yang telah memberikan dukungan hibah kepada PWI Sekadau.


“Salah satu program utama PWI adalah Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang bertujuan meningkatkan kualitas wartawan,” kata Kundori.


Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, Mohammad Isa, yang mewakili Bupati Sekadau, dalam sambutannya menyampaikan penghargaan kepada PWI Kabupaten Sekadau. Menurutnya, kegiatan ini sangat penting bagi pelajar dalam menghadapi perkembangan teknologi yang pesat. 


“Melalui kegiatan ini, diharapkan para peserta dapat lebih memahami jurnalistik dan mungkin tertarik menjadi wartawan di masa depan,” ujarnya.


Mohammad Isa juga menekankan bahwa literasi digital yang baik akan berkontribusi pada terciptanya Pilkada yang aman dan damai.


 “Kami berharap generasi muda dapat berperan positif dalam mewujudkan Pilkada yang aman di Kabupaten Sekadau,” tutupnya. (Nv).


Kegiatan ini didukung oleh Penerbit Erlangga.

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar