Pemkab Sekadau Salurkan Benih Kelapa Sawit - WARTA CYBER

Kamis, 29 Agustus 2024

Pemkab Sekadau Salurkan Benih Kelapa Sawit

Bupati Sekadau saat salurkan Benih Kelapa Sawit ke Kelompok Tani. (foto:ist). 

Sekadau Kalbar,
Wartacyber.com - Pemerintah Kabupaten Sekadau salurkan bantuan benih unggul kelapa sawit pre-nursery sebagai bagian dari program unggulan Infrastruktur, Perkebunan, Pertanian, dan Perikanan untuk Kesejahteraan (IP3K), bertempat di lokasi penangkaran benih kelapa sawit Tanah Sebatu, Desa Tapang Semadak, Kecamatan Sekadau Hilir, Kamis (29/8/2024).


Pada kesempatan tersebut, Bupati Aron menyampaikan bahwa pembagian bibit kelapa sawit ini merupakan tahun ketiga yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Sekadau. 


"Kami mendorong penanaman kelapa sawit karena saat ini menjadi primadona masyarakat dan memiliki potensi besar meningkatkan ekonomi masyarakat," ujar


Aron mengingatkan agar bibit yang telah bersertifikasi dari Balai Benih Provinsi Kalimantan Barat tersebut tidak hanya disimpan di rumah, tetapi benar-benar ditanam. 


"Kami hanya membantu, selebihnya kami berharap kepada para petani untuk merawat dan mengembangkan kebun sawitnya," lanjutnya.


Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3), Drs. Sandae, M.Si., menyatakan bahwa tahun ini terdapat 176 kelompok tani yang mengajukan bantuan dengan luas 3.700 hektar. Namun, karena keterbatasan anggaran, hanya 61.620 batang benih yang dapat diberikan kepada 32 kelompok tani di 22 desa dengan total luas 474 hektar. Hingga tahun ini, total bantuan benih IP3K mencapai 171.000 batang dengan luas 1.021 hektar.


Pengadaan bibit unggul ini dilakukan melalui mekanisme E-Purchasing sesuai ketentuan yang berlaku. Benih pre-nursery yang berasal dari PT. Bakti Tani Nusantara ini telah melalui proses sertifikasi dan diberi label oleh UPT-SBP Kalimantan Barat. 


Program IP3K ini diharapkan dapat terus berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sekadau melalui sektor perkebunan kelapa sawit. (nv).

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar