Program Gemarikan Upaya Pemkab Tekan Angka Stunting - WARTA CYBER

Kamis, 18 Juli 2024

Program Gemarikan Upaya Pemkab Tekan Angka Stunting

gerakan memasyarakatkan makan ikan. (foto:ist).

Sekadau Kalbar,
Wartacyber.com - Pemerintah Kabupaten Sekadau, melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Sekadau, berupaya meningkatkan angka konsumsi ikan dan menurunkan stunting melalui gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan). 


Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Sekadau, Sandae, menyatakan bahwa tujuan dari Gemarikan adalah untuk meningkatkan gizi ibu hamil dan mencegah stunting dengan membagikan paket olahan ikan kepada masyarakat yang berpotensi stunting, ibu hamil, dan anak-anak balita. 


"Gemarikan ini bertujuan untuk meningkatkan gizi pada ibu hamil dan mencegah angka stunting," ujarnya di Aula Kantor Camat Nanga Mahap pada Kamis (18/07/2024).


Sandae mengungkapkan bahwa konsumsi ikan di Kabupaten Sekadau masih rendah, dan dapat menyebabkan stunting pada anak balita dan ibu hamil. Oleh karena itu, Pemkab Sekadau gencar melakukan kampanye Gemarikan sebagai program strategis DKPPP dalam rangka meningkatkan angka konsumsi ikan dan menurunkan stunting.


"Kegiatan Gemarikan ini memang terus kami gencarkan beriringan dengan program pengendalian stunting. Pelaksanaan Gemarikan di Kecamatan Nanga Mahap ini akan dilanjutkan ke Kecamatan Sekadau Hilir dan kecamatan lainnya," tambahnya. 


Sandae berharap kegiatan Gemarikan dapat memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat mengenai pentingnya mengonsumsi ikan, khususnya dalam menumbuhkembangkan perkembangan otak anak-anak usia dini.


"Ini merupakan bagian dari gerakan stimulus yang tentunya kami berupaya agar bisa dilaksanakan secara berkesinambungan dan masif oleh masyarakat, karena tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Sekadau masih cukup rendah," ungkapnya.


Selain itu, Sandae menambahkan bahwa kegiatan gerakan makan ikan ini akan meningkatkan angka konsumsi ikan, yang pada akhirnya mendorong pengembangan budi daya ikan di Kabupaten Sekadau. 


"Selain meningkatkan animo masyarakat gemar makan ikan, kami juga berharap Gemarikan bisa membantu para kelompok pembudidaya ikan lebih mudah dalam hal pemasaran," pungkasnya. (nv).

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar