Gawai Dayak Sekadau Akan Digelar 23 Juli Mendatang - WARTA CYBER

Kamis, 18 Juli 2024

Gawai Dayak Sekadau Akan Digelar 23 Juli Mendatang

Konferensi Pers Terkait Gawai Dayak Ke XIII. (foto:nv). 

Sekadau Kalbar,
Wartacyber.com - Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sekadau menggelar konferensi Pers terkait pelaksanaan pembukaan Gawai Dayak Ke XIII Kabupaten Sekadau Tahun 2024, bertempat di Lupung Cofee Sekadau. Kamis (18/7/2024). 


Ketua DAD Kabupaten Sekadau, Jefray Raja Tugam mengatakan, Gawai Dayak di Kabupaten Sekadau dilaksanakan setiap tahunnya dan sudah menjadi agenda rutin.


"Kita sudah membentuk panitia dan kita telah menentukan tuah rumah untuk sub suku ritual adatnya," kata Jefray Raja Tugam. 


"Malalui Konferensi Pers ini, Saya berharap Gawai Dayak Ke XIII Kabupaten Sekadau bisa disampaikan ke masyarakat luas agar masyarakat Sekadau bisa mengetahui terkait Pelaksanaan Gawai Dayak sehingga nantinya bisa bersama-sama mengikuti kegiatan Gawai Dayak," harapnya. 


Ketua Panitia, Martinus Ridi mengatakan, tema Gawai Dayak tahun 2024 adalah Pelestarian adat dan budaya dayak ditengah kemajuan teknologi demi terwujudnya masyarakat yang maju sejahtera dan bermartabat. 


"Gawai akan dilaksanakan pada tanggal 23 juli 2024, bertempat di Betang Yout Center Sekadau," kata Martinus Ridi yang juga Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sekadau.


"Peserta dan pendukung Gawai Dayak terdiri dari DAD Kecamatan Se-Kabupaten Sekadau Sanggar, komunitas dan Paguyuban Dayak, Sekolah Negeri dan Swasta serta masyarakat umum," jelas Kadis Sosial.


Adapun rangkaian kegiatan Gawai Dayak Ke XIII Kabupaten Sekadau adalah sebagai berikut:


1. Upacara Pembukaan

2. Pawai dan karnaval

3. Upacara Adat SUB Suku Dayak Ntuka

4. Lomba Seni Kreasi

5. Lomba Permainan Rakyat, Seni dan Kerajinan tradisional . (nv).

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar