3 Pilar STBM di Desa Sebabas - WARTA CYBER

Senin, 29 Juli 2024

3 Pilar STBM di Desa Sebabas

3 Pilar STBM di Desa Sebabas. (foto:ist).

Sekadau Kalbar,
Wartacyber.com - Bupati Sekadau, Aron menghadiri Kegiatan 3 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Desa Sebab, Kecamatan Nanga Mahap, Kabupaten Sekadau. Senin (29/7/2024). 


Pada kesempatan Tersebut, Bupati Aron menyatakan bahwa Desa STBM dapat diwujudkan melalui deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan.


"Dengan ODF, kita dapat menurunkan kejadian penyakit berbasis lingkungan seperti diare, tifus, dan kecacingan. Penyakit-penyakit ini bisa menjadi penyebab kondisi stunting pada bayi dan balita," ujar Aron.


Aron juga menambahkan bahwa ODF merupakan langkah awal menuju Kabupaten Sehat. Kabupaten Sehat sendiri dimaknai sebagai kondisi kesehatan yang bersih, nyaman, dan aman untuk dihuni.


"Untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan dukungan dan partisipasi semua sektor mulai dari pemerintah pusat hingga daerah, dunia usaha, lembaga swadaya masyarakat, dan masyarakat itu sendiri," jelasnya.


Bupati Aron berharap bahwa penerapan 3 Pilar STBM di Desa Sebabas dapat memotivasi dusun-dusun lain yang belum menerapkan 3 Pilar ini serta menginspirasi desa lain untuk segera menjalankan program stop buang air besar sembarangan.


Hadir juga pada kegiatan tersebut, Anggota DPRD Kabupaten Sekadau dari Fraksi Demokrat, Moloi,  Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau, Henry Alpius, Camat Nanga Mahap, Danramil Nanga Mahap, 

Kapolsek diwakili Bhabinkamtibmas Nanga Mahap, Kepala UPTD Puskesmas Nanga Mahap, Ketua TP PKK Kec. Nanga Mahap, Kades Sebabas, Pastor Paroki Nanga Mahap, Kepala Sekolah Se-Desa Sebabas dan Masyarakat Desa Sebabas serta Tamu undangan Lainnya. 


  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar