PU Fraksi PDI Perjuangan Terkait Nota Pengantar Bupati Sekadau - WARTA CYBER

Rabu, 12 Juni 2024

PU Fraksi PDI Perjuangan Terkait Nota Pengantar Bupati Sekadau

Paripurna Ke 7 masa sidang ke 2 dengan Agenda Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD terkait Nota Pengantar Bupati Sekadau terhadap Raperda tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJPD) Daerah Kabupaten Sekadau Tahun 2025-2045. (foto:nv).

Sekadau Kalbar
, Wartacyber.com - DPRD Kabupaten Sekadau menggelar Paripurna Ke 7 masa sidang ke 2 dengan Agenda Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD terkait Nota Pengantar Bupati Sekadau terhadap Raperda tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJPD) Daerah Kabupaten Sekadau Tahun 2025-2045, bertempat di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Sekadau. Rabu. (12/6/2024). 


Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Sekadau, Handi dan didampingi Ketua DPRD Kabupaten Sekadau, Radius Efendi dan Wakil Ketua II, Zainal. 


Hadir pada Paripurna tersebut, 21 Anggota DPRD Kabupaten Lainnya, PLH Sekretaris Daerah, Drs Heronimus, Para Kepala SKPD dan tamu undangan lainnya. 


Masing-masing Fraksi DPRD Kabupaten Sekadau yakni Fraksi Nasdem, Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi PAN, Fraksi Golkar, Fraksi Demokrat, Fraksi Gerindra, Fraksi Hanura dan Fraksi Persatuan menyampaikan Pemandangan Umumnya terkait Nota Pengantar Bupati Sekadau terhadap Raperda tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJPD) Daerah Kabupaten Sekadau Tahun 2025-2045. 


Salah satu fraksi DPRD Kabupaten Sekadau yang menyampaikan Pemandangan Umumnya, yakni dari Fraksi PDI Perjuangan dengan Juru Bicara, Ari Kurniawan Wiro mengatakan, RPJPD merupakan dokumen perencanaan yang sangat strategis dan penting berdasarkan amanat dan peraturan perundang-undangan yang berlaku bahwa, untuk mengarahkan pembangunan dalam waktu jangka panjang, dalam rentang 10-20 tahun. 


"Dalam melihat arah pembangunan ke depan, kami dari fraksi PDI Perjuangan ingin menekankan pentingnya pemerataan pembangunan di seluruh kabupaten Sekadau," kata Ari Kurniawan Wiro. 


"Kita percaya bahwa setiap warga negara, tanpa terkecuali, berhak mendapatkan akses yang sama terhadap layanan publik yang berkualitas. oleh karena itu, kami mendorong agar setiap program pembangunan yang diusulkan tidak hanya fokus pada perkotaan, tetapi juga memperhatikan kebutuhan masyarakat di pedesaan. selain itu, kami juga menaruh perhatian besar pada upaya pengentasan kemiskinan. pembangunan yang kita rencanakan harus mampu meningkatkan kesejahteraan seluruh lapisan masyarakat, dengan memberikan peluang dan akses yang sama bagi semua. langkah-langkah konkrit perlu diambil untuk memberdayakan ekonomi lokal dan menciptakan lapangan kerja yang berkelanjutan," jelasnya. 



Ari Kurniawan Wiro juga mengatakan, sebagai perwakilan dari fraksi PDI perjuangan, kami memiliki beberapa catatan dan usulan yang ingin kami sampaikan dalam rangka memperkuat dan memperbaiki (RPJPD) untuk periode 2025-2045.


1. kami menyoroti kebutuhan akan lebih banyak program yang mendukung pengembangan ekonomi masyarakat lokal. kami menekankan pentingnya memperkuat sektor pertanian, koperasi, dan industri kecil dan menengah sebagai tulang punggung ekonomi daerah.


2. kami mengusulkan peningkatan fokus pada pengembangan infrastruktur dasar di pedesaan. ketersediaan akses transportasi, air bersih, dan listrik masih menjadi tantangan serius bagi sebagian besar masyarakat pedesaan, dan kami berharap rpjpd dapat memberikan solusi yang komprehensif untuk masalah ini.


3. kami mendorong untuk lebih memperhatikan isu-isu lingkungan dan keberlanjutan dalam setiap aspek pembangunan. perlindungan sumber daya alam, pengelolaan limbah, dan mitigasi perubahan iklim harus menjadi prioritas utama dalam RPJPD ini. 



"Kami mengajak Pemerintah Kabupaten Sekadau untuk memastikan bahwa RPJPD ini benar-benar melibatkan partisipasi masyarakat secara menyeluruh. partisipasi aktif dari berbagai pihak, termasuk masyarakat lokal, organisasi non-pemerintah, dan sektor swasta, akan menjadi kunci keberhasilan implementasi RPJPD ini," pungkasnya. (nv). 

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar