Lingkungan yang Sehat Identik Dengan Sanitasi Dasar - WARTA CYBER

Senin, 13 November 2023

Lingkungan yang Sehat Identik Dengan Sanitasi Dasar

ODF Desa Tamang. (foto:ist). 
Sekadau Kalbar, Wartacyber.com - Desa Tamang, Kecamatan Nanga Mahap, Kabupaten Sekadau Resmi jadi Desa Open Defecation Free (ODF). Senin (13/11/2023). 


Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PP dan KB) Kabupaten Sekadau, Henry Alpius mengatakan, tujuan yang ingin dicapai dari STBM adalah terwujud kondisi sanitasi total melalui pemberdayaan masyarakat, di mana seluruh komponen masyarakat mampu melaksanakan lima pilar STBM.


Perlu diketahui lingkungan yang sehat, identik dengan sanitasi Dasar dengan 5 pilar STBM yakni. 


1. Tidak Buang Air Besar Sembarangan 

2. Cuci tangan dengan sabun diair mengalir 

3. Pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga 

4. Pengamanan sampah

5. Pengamanan air limbah rumah tangga


"Desa ODF merupakan cikal bakal terwujudnya Kabupaten sehat. Kabupaten sehat sendiri dimaknai sebagai suatu kondisi kesehatan yang bersih, nyaman dan aman untuk dihuni," kata Henry Alpius. 


Henry Alpius mengapresiasi Pemerintah Desa Tamang, Pemerintah Kecamatan Nanga Mahap, Masyarakat dan semua pihak yang telah membantu terwujudnya Desa Tamang menjadi Desa ODF. 


"Saya berharap dengan dideklarasikannya Desa Tamang menjadi desa ODF dapat memicu dan memotivasi desa-desa lainnya di Kecamatan Nanga Mahap yang belum ODF," tutupnya. (nv). 

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar