Henry Alpius: Peran Posyandu Sangat Primer - WARTA CYBER

Rabu, 15 November 2023

Henry Alpius: Peran Posyandu Sangat Primer

Jambore Kader Posyandu Kabupaten Sekadau Tahun 2023. (foto:ist).
Sekadau Kalbar, Wartacyber.com - Jambore Kader Posyandu Kabupaten Sekadau Tahun 2023 Resmi Dibuka oleh Bupati Sekadau, Aron, bertempat di Gedung Kateketik Sekadau. Rabu(15/11/2023).


Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PP dan KB) Kabupaten Sekadau , Henry Alpius mengatakan  tujuan diadakannya kegiatan Jambore Kader Posyandu ini secara umum adalah untuk meningkatkan fungsi dan kinerja posyandu dan secara khusus untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan kader dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.


"Posyandu adalah salah satu upaya kesehatan bersumber daya masyarakat, yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan," kata Henry Alpius. 


"Keberadaan posyandu dimasyarakat sudah menyatu dalam kehidupan dan budaya masyarakat serta merupakan refelksi budaya gotong royong di masyarakat kita," tambahnya. 


Henry Alpius juga mengatakan, peran posyandu saat ini semakin besar dengan primer, dimana adanya transformasi layanan

posyandu memberikan layanan sesuai dengan siklus hidup mulai dari ibu hamil, bayi balita, anak pra sekolah, usia sekolah dan remaja, usia dewasa dan usia lansia. 


"Keberadaan posyandu, sangat diperlukan dalam mendekatkan upaya promotif dan preventif dan meningkatkan kesehatan masyarakat," jelasnya. 


"Melalui kegiatan Jambore kader posyandu ini dapat memicu semangat kader dalam maksimalkan pelayanan di posyandu agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal," pungkasnya. (nv). 

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar